jump to navigation

Ramadhan Bulan Turunnya Al Qur’an September 16, 2008

Posted by wedangcoro in Bersih Jiwa.
trackback

RAMADHAN, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). (al-Baqarah:185) Maha Agung Allah Yang Maha Menggenggam langit, bumi, dan isinya. Maha Suci Allah Dzat Yang telah mewahyukan Alquran kepada Rasulullah Muhammad SAW. Sehingga dengan petunjukNya itulah setiap manusia memiliki pedoman hidup, pegangan yang akan membawanya pada kebahagian dunia dan akhirat.

Subhanallah, Alquran laksana hamparan laut yang tidak bertepi. Di dalamnya tertulis firman Allah sebagai petunjuk bagi manusia. Alquran bukanlah sekadar teks yang hanya untuk dibaca, melainkan firman Allah yang sudah semestinya diamalkan, sebab hanya dengan pengamalanlah Alquran akan menjadi penerang. Bahkan akan melimpahkan cahaya petunjuk yang terus dan terus mengalir. Apa jadinya kalau orang berjalan di kegelapan tanpa lampu penerang? Tentu saja, berjalan di lorong yang gelap gulita, sungguh sangat menakutkan. Setiap langkah tidak tenteram, selalu dicekam kecemasan. Begitupun orang yang tidak mendapatkan hidayah (tuntunan) dari Allah. Hidupnya akrab dengan kecemasan.

Sebagaimana yang ditegaskan oleh ayat 185 surat Al-Baqarah tersebut, bahwa tujuan utama pewahyuan Alquran adalah sebagai Hudan (petunjuk) bagi manusia. Hampir pasti bahwa seorang Muslim tidak mungkin mampu menjadikan Alquran sebagai petunjuk manakala ia tidak paham isi dan makna Alquran. Itulah sebabnya bahwa setiap Muslim wajib berusaha untuk mampu memahami makna dan isi Alquran.

Setiap Muslim wajib mengimani Alquran. Kewajiban ini merupakan konsekuensi syariat bahwa setiap Muslim beriman memang harus beriman kepada kitab suci dan Alquran merupakan salah satu kitab suci, di samping Taurat, Zabur dan Injil. Setiap Muslim beriman wajib menyadarkan dirinya untuk senantiasa memegang teguh keimanannya terhadap Alquran. Sebagai bukti bahwa seseorang itu beriman kepada Allah adalah kesanggupan dan kesediaannya untuk mengikuti perintah Allah. Salah satu perintah Allah yang tercantum dalam Alquran adalah membaca Alquran. Bukankah wahyu yang pertama kali diturunkan adalah Iqra(perintah untuk membaca).

Al Bukhari menyatakan bahwa Iman adalah ucapan dan perbuatan. Seorang Muslim baru sempurna imannya manakala ia mengamalkan isi dan petunjuk Alquran. Seorang Muslim yang tidak mengamalkan isi dan petunjuk Alquran akan sama nasibnya dengan seorang Musafir yang membawa peta, ia paham dengan petunjuk peta, tetapi ia tidak bersedia mengikuti petunjuk peta. Tidak ada nasib lain baginya kecuali sesat dalam perjalanannya. Naudzubillah.

Setiap Muslim beriman wajib mewariskan Alquran kepada putra-putrinya. Alquran adalah petunjuk kehidupan. Barang siapa yang mewariskan Alquran kepada putra-putrinya berarti ia mewariskan petunjuk kehidupan yang akan menyelamatkan putra-putrinya dari kesesatan. Rasulullah menyatakan: Aku wariskan kepadamu dua hal; kalian akan selamat manakala berpegang teguh kepadanya; Kitab Allah (Alquran) dan Sunnah rasul (HR. Al Bukhari-Muslim).

Seorang Muslim yang tidak mewariskan Alquran kepada putra-putrinya berarti ia merelakan putra-putrinya terjerumus dalam kehidupan. Orangtua yang demikian sama zhalimnya dengan orangtua yang membuang bayinya di hutan atau menceburkannya di tengah lautan. Mewariskan Alquran kepada putra-putri artinya mendidik putra-putri secara serius, sehingga putra-putri yang telah diamanatkan oleh Allah itu benar-benar mengimani Alquran, mampu membacanya secara benar dan baik, tekun mempelajari dan mendalami makna serta isinya dan menjadikan Alquran sebagai petunjuk dalam setiap aktivitas kehidupannya. Semoga kita semua termasuk di dalamnya, amin. Wallaahu alam

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: